Dilla's Stats

Dilla's browser

Memuat...

Senin, 08 Desember 2008

USAHA PECEL LELE

Posted by faradilla ardasy
Barang Modal

Untuk memulai usaha warung tenda, dengan menu jualan Pecel Lele, Ayam, Ati Ampela, dan Tahu Tempe Goreng, dibutuhkan peralatan barang modal sebagai berikut :
1 buah gerobak Rp 1.500.000
Terpal untuk tenda ukuran 4x6 meter Rp 168.000
Harga pemeter antara 4500 – Rp 9.000
1 set spanduk Rp 420.000
Depan ukuran 5x 1,15 m
Samping 2 lembar ukuran 2,5 x 1,15 m
1 buah kompor gas mawar Rp 95.000
1 penggorengan ukuran 22 Rp 70. 000
2 buah sutil panjang dan Rp 40.000
2 lusin piring (merk lucky) Rp 100.000
2 lusin piring saji oval melamin Rp 180.000
1 lusin sendok Rp 10.000
1 lusin garpu Rp 10.000
2 lusin gelas jempol Rp 45.000
2 lusin kobokan kecil aluminium Rp 25.000
1 buah Dandang nasi aluminium 10 liter Rp 100.000
1 buah Dandang Air aluminium 10 liter Rp 85.000
2 buah ember plastic sedang Rp 30.000
2 buah tempat tisu gulung Rp 15.000
2 buah tempat tusuk gigi Rp 10.000
2 buah tempat kecap Rp 10.000
8 buah kursi plastic lion star Rp 200.000
1 buah meja kayu Rp 500.000
2 buah tempat sendok/garpu Rp 10.000
1 etalase kecil ukuran 1,5 m x 0,5 m x 1 m Rp 250.000
1 buah teko air plastic lion star (kecil) Rp 7.500
1 buah termos air panas Rp 35.000
2 buah termos wadah nasi ukuran 10 liter Rp 150.000
1 set ulekan besar ukuran 40 cm Rp 55.000
3 buah lap Rp 10.000
2 buah pisau Rp 12.000
Jumlah Rp 4.250.500

Bahan Baku Awal
3 kg lele (sekitar 27 ekor) Rp 36.000
6 ekor ayam Rp 84.000
( ukuran 800 gram-1,2 kilo, jadi 24 potong)
2 papan tempe (jadi 20 potong) Rp 7.000
10 potong tahu Rp 5.000
10 buah ati ampela Rp 10.000
3 kg minyak goreng Rp 36.000
3 kg gas (untuk 2 hari) Rp 15.000
1 kg gula Rp 6.500
Bumbu dan sayuran lalapan Rp 50.000
Bahan lain ( teh, es batu, jeruk peras dsbnya) Rp 20.000
Beras 5 liter Rp 20.000
Jumlah Rp. 289.500

Dari perhitungan di atas, diperkirakan modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha Pecel Lele adalah sekitar Rp 4,5 juta. Sekitar Rp 4,2 juta untuk barang modal, dan Rp 300 ribu untuk belanja bahan baku awal. Selain itu, dibutuhkan biaya operasional yang dalam satu bulan diperkirakan :

Operasional
- Sewa tempat Rp 300.000
- Retribusi/ pungutan ini-itu Rp 30.000
- Penerangan ( listrik/ lampu patromak) Rp 30.000
- Transportasi dll Rp 200.000
- Gaji 2 orang karyawan Rp 1.600.000
Total Rp. 2.160.000

Jika dalam sehari bisa dikunjungi 50 orang pembeli, dengan asumsi rata-rata per orang menghabiskan Rp 10 ribu untuk makan dan minum, maka:
Omset harian Rp 500.000
Omset per bulan Rp 15.000.000

Pengeluaran belanja Rp 8.415.000
Operasional Rp 2.160.000

Keuntungan dalam satu bulan 15.000.000-10.575.000 = Rp 4.425.000
Jadi bisa BEP dalam waktu satu bulan lebih beberapa hari
Prev: Usaha Pecel Lele

5 comments:

Anonim mengatakan...

terimakasih ya informasinya...lagi mencoba usaha
kamu kecil2 sudah berani...baguuuss
salut...tetap semangat..add aku di ivan_milan@yahoo.com

bayu saputra mengatakan...

terimakasih Mba infonya, btw ada tips untuk survey lokasi dan cara urus sewa tempatnya yg legal ga?

add YM saya : moeslimien@yahoo.com

faradilla ardasy mengatakan...

tips survey lokasi?
hmm.. belom tuh. nanti kuTanya2 dulu ma temenku yg suka deal ama investor yah...

hehe...
kalo cara urus tempat yg legal.. rebet mas!? Kalo kata dosen Studi Kelayakanku dulu sih, minta ijinnya ama rt rw ajah... Atau lurah. itu dimintain pungli juga mas...
ati2 ajah. hehe... namanya juga org kelurahan,
Eh ia,udah ku add YMnya.

NB:Harganya udah gag relevan

MiroeL mengatakan...

Ingin pecel lele tapi tidak menguasai bumbu2nya??
Ingin merasakan nikmatnya pecel lele tapi takut merusak kesehatan karena "minyak goreng" sang pedagang yang jarang sekali diganti ??

Kami dari PONDOK SELERA, Pondok Ranggon, Jakarta Timur menyediakan pecel lele mentah siap saji (tinggal dimasak)

Lelenya dijamin tidak bau lumpur karena telah melalui proses pencucian yang baik, dan dijamin nikmat karena telah diungkep dengan bumbu.
Sangat praktis bagi orang yang tidak mengerti bumbu, juga sangat aman bagi yang memperhatikan kesehatan, karena digoreng dengan minyak goreng kita sendiri. :)

Selain lele, kami juga menyediakan pecel ayam, tempe, tahu juga lainnya.
Juga tersedia kremes yang nikmat jika anda ingin menambah hiasan di atas pecel lele, pecepl ayam, tempe juga tahu sajian anda.

Jangan takut soal harga, kami memberi harga yang murah dan sangat bersaing kok, jadi bagi yang ingin berbisnis warung pecel lele maupun sajian kuliner lainnya, keuntungan yang menggiurkan tetap bisa didapat. (yang penting bisa menggoreng, sudah bisa memulai usaha pecel lele yang nikmat) :)

Pecel lele yang sehat?? Kenapa nggak?? :)

Bagi yang berminat, bisa hubungi kami di (021) 443 53 443.

andie cliquers mengatakan...

THANKS MBA BRO , , , , ,, ,

Poskan Komentar

type ur words here

Follow by Email

Followers

 

Faradilla Ardasy Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review